Gerakan memutar badan, meliukkan badan, dan mengayun lengan termasuk gerakan

Gerakan memutar badan, meliukkan badan, dan mengayun lengan termasuk gerakan

a. manipulatif
b. lokomotor
c. non lokomotor
d. teknik

Gerakan memutar badan, meliukkan badan, dan mengayun lengan termasuk gerakan

Jawaban :

Gerakan memutar badan, meliukkan badan, dan mengayun lengan termasuk gerakan non lokomotor, karena gerakan ini tidak menyebabkan perpindahan tempat hanya melakukan gerakan ditempat.

c. non-lokomotor

Penjelasan:

GERAK LOKOMOTOR (Locomotor Skills)
Gerak Lokomotor ialah gerakan berpindah tempat, dimana bagian tubuh eksklusif bergerak atau berpindah kawasan. gerak dasar lokomotor ialah keliru satu domain dari motilitas dasar mendasar (mendasar basic movement), Keterampilan lokomotor didefinisikan sebagai keterampilan berpindahnya individu asal satu kawasan ke daerah yang lain. Sebagian besar keterampilan lokomotor berkembang dari yang akan terjadi asal taraf kematangan eksklusif, namun latihan serta pengalaman pula penting buat mencapai kecakapan yang matang.

Keterampilan lokomotor misalnya berlari cepat, mencongklang, meluncur, dan melompat lebih sulit dilakukan sebab adalah kombinasi dari pola-pola gerak dasar yg lain. Keterampilan lokomotor menghasilkan dasar atau landasan koordinasi gerak kasar (gross skill) serta melibatkan motilitas otot akbar.

Gerakan-gerakan lokomotor merupakan gerakan-gerakan yang pulang ke mana saja. Para ahli mendefinisikan gerakan lokomotor sebagai gerakan-gerakan yg mengakibatkan tubuh berpindah tempat atau mengembara dalam berbagai ruang, sebagai akibatnya dalam bahasa Inggris disebut jugaTraveling. Ini tentunya adalah kebalikan berasal gerakan non-lokomotor, yg tidak menyebabkan tubuh berpindah asal satu tempat ke kawasan lain. Gerakan lokomotor merupakandasar bagi perkembangan koordinasi gerakan yang melibatkan otot-otot akbar (gross-muscles), pertumbuhan otot, daya tahan serta stamina.

GERAK NONLOKOMOTOR (non Locomotor Skills)
Gerakan non-lokomotor dapat diartikan jua menjadi keterampilan stabil, gerakan yg dilakukan tanpa atau hanya sedikit sekali berkiprah berasal wilayah tumpuannya. dapat jua didefinisikan sebagai gerakan-gerakan yang dilakukan menggunakan gerakan yang memerlukan dasar-dasar penyangga yang minimal atau tidak memerlukan penyangga sama sekali atau motilitas tidak berpindah tempat. Gerakan stabilisasi ( nonlokomotor ) termasuk didalamnya, seperti : Stretching dan Bending, Twisting serta Turning, Swinging dan Swaying, Pushing dan Pulling

GERAK MANIPULATIF (Manifulatif Skills)
Gerak manipulatif melibatkan tindakan mengontrol suatu objek khususnya dengan tangan dan kaki. terdapat dua pembagian terstruktur mengenai keterampilan dari gerak manipulatif, yaitu reseptif dan propulsif.Keterampilan reseptif adalah menerima suatu objek seperti menangkap dan keterampilan propulsif memiliki karakteristik pengerahan gaya atau kekuatan terhadap suatu objek, mirip memukul, melempar, memantul atau menendang.

Walaupun sebagian besar keterampilan manipulatif menggunakan tangan serta kaki, namun bagian-bagian tubuh yg lain pula bisa dipergunakan. Manipulasi terhadap objek eksklusif mengarah di koordinasi mata-tangan serta mata-kaki yang lebih baik, terutama krusial buat gerakan-gerakan yang mengikuti jalan atau alur (tracking) pada kawasan terentu.

Keterampilan manipulatif merupakan dasar-dasar dari berbagai keterampilan permainan (game skill). Gerakan yang memerlukan energi, seperti melempar, memukul, dan menendang dan gerakan menerima objek, mirip menangkap artinya keterampilan yg penting yang bisa diajarkan dengan menggunakan aneka macam jenis bola. Gerakan melambungkan atau mengarahkan objek yang melayang, seperti bola voli merupakan bentuk keterampilan manipulatif lain yang sangat penting. Kontrol terhadap suatu objek yang dilakukan secara terus menerus, mirip menggunakan tongkat atau simpai pula ialah aktivitas manipulatif.

Detail Jawaban
Kelas : I

Mapel : Penjaskes

Bab : 1

Kode : 1.22.1

Kata Kunci : gerak dasar, lokomotor, non-lokomotor, manifulatik

Sumber : [Pendidikan]