Lari jarak pendek disebut juga lari

Lari jarak pendek disebut juga lari

Lari jarak pendek disebut juga lari

Jawaban :

Lari jarak pendek disebut juga lari sprint.

Pembahasan :

Lari merupakan salah satu cabang dari olahraga atletik yang juga merupakan salah satu cabang olahraga yang tertua. Olahraga lari terbagi atas beberapa olahraga yang dibedakan berdasarkan jarak larinya. Pembagian dari olahraga lari yaitu:

  1. Lari jarak pendek
  2. Lari jarak menengah
  3. Lari jarak jauh / marathon
  4. Lari sambung / estafet

Lari jarak pendek disebut juga lari sprint. Lari sprint memiliki beberapa jarak tempuh yaitu 50 m, 100 m, 200 m dan 400 m. Lari jarak pendek yang disebut juga sebagai lari sprint merupakan lari yang tidak hanya membutuhkan kerja keras dan ketekunan tetapi juga bakat.

Pelari jarak pendek disebut juga sebagai sprinter. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sprinter dalam lari jarak pendek atau sprint, antara lain:

  1. Pada saat berlari, tubuh dicondongkan sedikit ke depan dengan kedua lengan hampir membentuk sudut 90 derajat yang diayunkan searah dengan gerakan saat berlari.
  2. Otot-otot bagian depan tubuh dan kedua lengan harus tetap diusahakan dalam keadaan yang rileks.
  3. Posisi pinggang harus dalam ketinggian yang sama saat berlari.
  4. Pada saat start, tungkai bagian bawah ditolakkan dengan kuat sampai lurus, dan pengangkatan badan bagian depan diusahakan posisinya sejajar dengan tanah.
  5. Pada saat mencapai finish, badan harus dicondongkan secara bersamaan ke depan agar bagian dada dapat menyentuh pita garis finish.

Lari jarak pendek yang disebut sebagai lari sprint memiliki beberapa teknik start yang dibedakan berdasarkan letak posisi tangan dan kaki antara lain:

  • Start Pendek (Bunch Start).
  • Start Menengah (Medium Start).
  • Start Panjang (Long Start).

Dalam melakukan lari jarak pendek yang disebut juga sebagai lari sprint, ada urutan dalam melakukan start jarak pendek sesuai dengan aba-aba, yaitu:

  1. Aba-aba bersedia
  2. Aba-aba siap
  3. Aba-aba yak

Ada dua tahapan dalam lari jarak pendek yang disebut juga sebagai lari sprint, yaitu:

  1. Fase Topang yang bertujuan untuk memperkecil hambatan saat kaki bersentuhan dengan tanah dan memaksimalkan dorongan badan ke depan. Fase topang ini terdiri dari topang depan dan topang dorong.
  2. Fase layang yang bertujuan untuk memaksimalkan dorongan ke depan dan mempersiapkan penempatan kaki yang efektif saat menyentuh tanah.

Detil Jawaban
Kelas : VIII SMP

Mapel : Penjaskes

Bab : Permainan dan Olahraga Atletik

Kode kategori : 8.22.3

Kata kunci : atletik, lari jarak pendek, sprint, sprinter

Sumber : [Pendidikan]