Tujuan pergerakan nasional indonesia adalah

Tujuan pergerakan nasional indonesia adalah

Tujuan pergerakan nasional indonesia adalah

Tujuan pergerakan nasional indonesia adalah

Jawaban :

Tujuan pergerakan nasional indonesia adalah demi mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia, bebas dari belenggu penjajahan dari pihak kolonial asing. Untuk dapat menentukan nasib bangsanya sendiri demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Pembahasan:

Munculnya pergerakan nasional, yakni berdirinya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan puncaknya dengan tercapainya kemerdekaan Indonesia yakni hari Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945

 

Politik etis yang berupa pendidikan (edukasi) berhasil melahirkan golongan terpelajar yang menjadi cikal bakal pergerakan nasional pada awal abad ke-20. Dengan adanya perjuangan pergerakan nasional, kaum wanita pun merasa mendapat kesempatan untuk turut serta dalam perjuangan untuk mencapai kemajuan dan kemerdekaan bangsa.

 

Pergerakan wanita yang timbul pada awal masa pergerakan awalnya bersifat perorangan dan kelompok-kelompok tertentu, tetapi mempunyai persamaan visi yakni mengangkat derajat wanita agar setara dengan laki-laki serta berjuang melawan penjajahan.

 

Pada awal abad ke 20 , perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajahan Belanda sudah tidak dilakukan dengan cara peperangan seperti halnya pada abad-abad sebelumnya. Sebelumnya sekitar abad ke 17, perlawanan terhadap colonial asing dilakukan melalui kekuatan senjata maka pada abad ke 20 perlawanan dilakukan melalui organisasi-organisasi yang meliputi bidang:

1.sosial budaya

2.politik.

3.ekonomi.

 

Seluruh organisasi tersebut merupakan organisasi masa pergerakan nasional. Organisasi pergerakan nasional mempunyai cirri antara lain:

1.Organisasi-organisasi pergerakan nasional tersebut memiliki visi dan misi yang jelas.

Organisasi-organisasi pergerakan nasional mempunyai paham kebangsaaan dan rasa cinta tanah air.

3.Keanggotaan organisasi pergerakan nasional tidak didasarkan atas kelompok suku bangsa tertentu melainkan semua kelompok suku bangsa karena Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang jumlahnya hingga ratusan.

 

Sebagai besar pemimpin organisasi pergerakan nasional berasal dari kalangan yang terdidik atau ada pula yang berhasil menempuh pendidikan di luar negeri.

 

Pergerakan nasional Indonesia yang terjadi pada awal abad ke-20 mempunyai arti pergerakan di seluruh wilayah Indonesia yang berasal dari berbagai etnis, agama, dan budaya serta politik. Organisasi pergerakan nasional menggunakan kata NASIONAL karena perjuangan seluruh rakyat Indonesia dan bukan hanya berasal dari daerah-daerah tertentu seperti yang dilakukan pada abad-abad sebelumnya.

 

Perkembangan dari pergerakan nasional Indonesia berkaitan dengan keadaan dunia internasioanl (eksternal )dan kondisi di dalam negeri sendiri (factor internal).

 

Perbedaan ideologi pada organisasi pergerakan nasional dilatarbelakangi oleh proses sejarah serta biografi dari pendiri organisasi-organisasi tersebut.

 

>FAKTOR EKTERNAL

Pada akhir bad ke19 dan awal abad ke 20 di seluruh Negara-negara jajahan di Asia, Amerika Latin dan Afrka merupakan fase munculnya kesadaran mengenai betapa vitalnya semangat persatuan dan kesatuan. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan munculnya kaum terpelajar yang memperoleh pengalaman pergerakan nasional serta mendapat pendidikan formal dari Negara-negara Eropa.

Paham yang lahir di Eropa antara lain:

1.sosialisme

2.Komunisme

3.liberalisme

4.Demokrasi

 

Paham-paham tersebut juga ikut menyebar di Negara-negara jajahan mereka dan juga kaum terpelajar.

 

Paham tersebut mengajarkan betapa pentingnya persamaan derajat semua warga Negara tanapa membedakan warna kulit , asal usul, keturunan, dan agama yang dianutnya.

 

>FAKTOR INTERNAL

a. kesewenang-wenangan penderitaan akibat penjajahan.

b.kejayaan masa lalu.

c. munculnya kaum terpelajar yang mendapat pendidikan dari dalam negeri maupun luar negeri.

d. kaum terpelajar menghimpun gerakan politik yang bersifat menyeluruh atau nasional.

Mata pelajaran: IPS Sejarah

Kelas: XI SMA

Kategori: Pergerakan Nasional

Kode Kategori berdasarkan kurikulum KTSP:  11.3.7

Kata kunci: Tujuan, pergerakan nasional Indonesia

Sumber : [Pendidikan]